Ritonga, Mayani (2024) Pengembangan bahan ajar matematika dan performance assesment berbasis proyek dengan memanfaatkan aplikasi book creator di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250500015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan tidak akan terlepas dari teknologi, seperti media pembelajaran, aplikasi pembelajaran jarak jauh, e-modul dan bahan ajar khususnya pelajaran matematika. Masih banyak perangkat teknologi dalam proses pembelajaran yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, model pembelajaran yang masih berpusat pada guru saja dan penilaian hasil pembelajaran masih konvensional yang belum mencerminkan proses pembelajaran. Menyebabkan perlunya pengembangan bahan ajar matematika dan penilaian peserta didik dengan memanfaatkan teknologi serta model pembelajaran yang mengikutsertakan peserta didik. Pada penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar matematika dan performance assessment (penilaian kinerja peserta didik) yang berbasis proyek dengan bantuan aplikasi book creator pada kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan menggunakan model Borg and Gall, yang terdiri dari sepuluh langkah diambail dari pendapat sugiyono, antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk awal, revisi produk, uji coba produk akhir, revisi produk operasional produk akhir (Implementasi). Berdasarkan uji validitas diperoleh hasil bahwa bahan ajar dan performance assesment yang dikembangkan berada pada rentang kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 86,8%. Sedangkan untuk uji praktikalitas bahan ajar yang menggunakan instrumen lembar angket respon guru dengan nilai rata-rata 80% dan angket respon peserta didik 90%. Sehingga dapat dinyatakan praktis berdasarkan uji kepraktisan. Selanjutnya uji efektivitas bahan ajar dan performance assessment berdasarkan nilai pemahaman konsep peserta didik yang berada pada rata-rata 85,42 diatas kriteria ketuntasan minimum yaitu 70. Performance assessment (penilaian kinerja peserta didik) dalam kegiatan kelompok dan presentasi diskusi dengan nilai rata-rata 89,9. Sehingga bahan ajar dan performance assessment yang dikembangkan efektif. Berdasarkan tiga hasil uji yang dilakukan pada penelitian pengembangan yaitu uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas maka disimpulkan bahwa bahan ajar matematika dan performance assessment berbasis proyek dengan memanfaatkan aplikasi book creator di kelas VIII SMP/MTs. merupakan bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Sehingga menjadi bahan alternative yang dapat dimanfaatkan pada pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Bahan ajar; Performance assessment; PjBL; Book creator |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:51 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |