Nasution, Leli Asyuro (2024) Etika komunikasi netizen di media instagram pada akun @khoir 11 (ditinjau dalam pandangan islam). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1930100010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Etika komunikasi merupakan bagian penting dalam ajaran Islam. Berkomunikasi dengan jujur dan menghormati orang lain. Namun di era digital saat ini, banyak pengguna media Instagram yang mengabaikan etika komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pesan komunikasi antara konten kreator @Khoir_11 dengan followers, menganalisis alasan netizen dalam memberikan komentar pada postingan @Khoir_11, dan menganalisis pentingnya menjaga etika komunikasi sesuai pandangan Islam saat memberikan komentar di Instagram khususnya pada akun @Khoir_11. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan followers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pesan komunikasi antara @Khoir dengan followers melibatkan proses pertukaran pesan dan interaksi. @Khoir_11 dapat mengirimkan berbagai konten seperti video, foto, yang berisi informasi tilawah, followers dapat menanggapi melalui kolom komentar. Banyak diantara pengguna memberikan komentar negatif disebabkan oleh ketidakpuasan terhadap ekspresi dan teknik pengambilan nafas dalam menyampaikan konten irama tilawah, namun terdapat juga pandangan positif yang muncul karena dianggap memberikan motivasi bagi generasi muda dalam mempelajari irama dan nada tilawah. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan enam prinsip komunikasi Islam yang disebutkan dalam Al-Qur'an yaitu qawlan sadidan, qawlan baligha, qawlan ma'rufa, qawlan kariman, qawlan layyina, dan qawlan maysura, untuk memastikan komunikasi di media Instagram sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, kesadaran dan kontrol diri dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan damai tanpa adanya perasaan dendam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A dan Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I |
Keywords: | Etika Komunikasi; Instagram; Pandangan Islam |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |