Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi barisan dan deret aritmatika di SMK New Merpati Nusantara Sihepeng

Sari, Endah Puspita (2024) analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi barisan dan deret aritmatika di SMK New Merpati Nusantara Sihepeng. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Kesalahan siswa tersebut memerlukan adanya analisis untuk mengetahui kesulitan apa saja yang banyak dialami siswa, kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di akibatkan oleh faktor dari dalam diri siswa tersebut yang menganggap mtematika itu adalah mata pelajaran yang sulit. Rumusan bagaimana siswa mengalami kesulitan belajar dan apa saja jenis kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kemudian apakah strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika terutama pada materi barisan dan deret aritmatika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika siswa, untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK New Merpati Nusantara Sihepeng 1, Kecamatan Siabu, Kabuaten Mandailing Natal, Sumatra Utara 22976 yang berjumalah 72 siswa. Sumber penelitian ini ada dua sumber data primer adalah siswa SMK New Merpati Nusantara Sihepeng yang tidak tuntas berjumlah 54 siswa, sumber data Skunder adalah guru bidang studi matematika. Sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi pengambilan data melalui pengamatan secara langsung terhadap objek yang ingin diteliti, wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara dan yang diwawancarai. Dokumentasi sumber data yang digunakan untuk melengkapi penelitian berupa foto. Berdasarkan hasil analisis terhadap ulangan matematika siswa kelas XI SMK New Merpati Nusanta Sihepeng pada materi barisan dan deret arirmatika serta wawancara yang dilakukan terdapat tiga jenis kesulitan : Kesulitan Konsep, Kesulitan Prinsip, dan Kesulitan Verbal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dra. Asnah, M.A
Keywords: Kesulitan belajar Matematika; Pemahaman Konsep; Barisan dan Deret Aritmatika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:43
Last Modified: 07 Feb 2025 08:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item View Item