Harahap, Nurhaida (2024) Penerapan model pembelajaran preview, question, read, reflection, recite, review (PQ4R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar (SD) Mandiri Palsabolas Angkola timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920500103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Mandiri Tapanuli Selatan. Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh data bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran siswa belum diberikan kesempatan untuk menentukan tema, membuat pertanyaan, dan menyusun kesimpulan dari bacaan. Selain itu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model Preview Question Read Reflection Recite Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) Mandiri Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan model siklus, 2 siklus dengan 4 kali pertemuan, yang dilakukan dengan siklus pertama, lanjut ke siklus kedua dan tidak berhasil dan akan dilanjutkan ke siklus berikutnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati kemampuan membaca pemahaman siswa dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan. Ketuntasan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 25% dan pada siklus II sebesar 77,66%. Jadi dari siklus I ke siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat 23,33%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 41,67% dan pada siklus II sebesar 75%. Jadi dari siklus I ke siklus II meningkat 33,33%. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan penggunaan model Preview Question Read Reflection Recite Review (PQ4R) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan guru, kemampuan membaca pemahaman, dan hasil tes membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) Mandiri Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Hj. Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan Membaca; Pemahaman Siswa; Penerapan Model PQ4R |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 08:12 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |