Efendi, Irma Rizki Aulia (2024) Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi sistem persamaan linear dua variabel. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang tercatat di dalam hasil studi PISA 2022. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, menafsirkan serta menggunakan matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah. Untuk memiliki kemampuan literasi matematis, siswa harus melakukan aktivitas pembelajaran literasi matematis dan membiasakan diri dalam menyelesaikan soal yang berorientasi pada soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kemampuan literasi matematis yang dimaksud meliputi tujuh komponen, yaitu: 1) mengkomunikasikan masalah (communication), 2) mengubah permasalahan ke bentuk matematika (mathematizing), 3) menyajikan kembali permasalahan matematika (representation), 4) memberikan alasan dan argumen logis dalam menyelesaikan masalah (reasoning and argument), 5) memilih dan menggunakan strategi untuk menyelesaikan masalah (devishing strategies for solving problem), 6) penggunaan simbol matematika, bahasa formal, dan bahasa teknis (using symbolic, formal, and technical language and operation), dan 7) penggunaan alat matematika (using mathematics tools). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang dipilih berdasarkan skor tinggi, sedang, dan rendah. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil tes dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Triangulasi analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi sistem persamaan linear dua variabel yang menunjukkan bahwa dari 28 siswa terdapat 6 siswa dengan kemampuan literasi matematis tinggi yang kurang mampu dalam memberikan argumen logis terhadap permasalahan, 15 siswa dengan kemampuan literasi matematis sedang belum memenuhi indikator menggunakan alat matematika dan pemberian argumen atau penalaran serta 7 siswa dengan kemampuan literasi matematis rendah belum memenuhi indikator mengkomunikasikan masalah, matematisasi, menggunakan simbol matematika, menggunakan alat bantu matematika, dan pemberian argumen atau penalaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Literasi matematis; Sistem persamaan linear dua variable; Higher Order Thinking Skills (HOTS) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:22 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |