Sari, Yulida (2024) Penerapan model pembelajaran team games tournament dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Kelas III di SDN 200402 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500160.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas III. Hal ini diakibatkan karena pada saat proses pembelajaran guru lebih banyak menjelaskan materi sementara siswa duduk menerima secara pasif materi yang di ajarkan sehingga siswa cenderung diam dan kurang berani menyatakan gagasannya dan guru tidak menggunakan media pembelajaran ataupun games yang dapat memancing minat belajar siswa sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka peneliti menerapkan model pembelajaran team games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas III di SDN 200402 Padangsidimpuan.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana dengan penerapan Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 200402 Sabungan Jae Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Team Games Tournament dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 200402 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan dengan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranTean Games Tournament dengan metode eksperimen. Sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa dengan mengimplementasikan model serta metode tersebut. Melalui penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa meningkat yaitu, pra siklus dengan nilai rata-rata 59,29 dengan presentase ketuntasan 21,43%, pada siklus 1 pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 63,57 dan persentase ketuntasan sebesar 35,71% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 dari 14 orang siswa. Pada siklus 1 pertemuan ke II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,71 dengan persentase ketuntasan 64,26% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 dari 14 orang siswa. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas mencapai 80,71 dengan persentase ketuntasan 92,86% dan jumlah siswa yang tuntas mencapai 13 dari 14 orang siswa. Sehingga penelitian dikatakan berhasil karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc |
Keywords: | Model pembelajaran TGT; Metode eksperimen; Hasil belajar; IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 08:54 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11544 |
Actions (login required)
View Item |