Nasution, Damatusaddiah (2024) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV ) di Kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020200059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Materi SPLDV di Kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu cara yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa angka dan program statistik. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, Jl.Ompu Sarudak, KM.4,5, Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah 29 siswa dan kelas VIII-2 dengan jumlah 28 siswa. Untuk memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan 2 metode pengumpulan data yaitu pre-test dan post-test. Hasil dari pengumpulan data, diperoleh sejumlah data yang akan memberikan jawaban terhadap masalah penelitian. Dalam pengolahan data dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data, dalam hal ini dihitung uji normalitas. Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dianalisis melalui data pretest dan postest yang diperoleh dari hasil test, dari hasil kedua test tersebut maka dilakukan uji hipotesis komparatif dalam hal ini peneliti menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2023/2024. Pengaruh itu ditunjukkan melalui uji-t, yaitu t-hitung > t-tabel ( 12,346 > 2,045) atau (sig.) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran CPS; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:52 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11542 |
Actions (login required)
View Item |