Sakinah, Ayu Nur (2024) Penerapan reward and punishment untuk meningkatkan kedisiplinan pada kegiatan pembelajaran tematik Kelas III UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Penerapan reward and punishment merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kedisiplinan, namun masih banyak siswa yang kurang menyadari pentingnya sikap disiplin dalam proses pembelajaran seperti siswa tidak mengerjakan tugas atau mencontek tugas teman, hal ini mengakibatkan banyak nya siswa yang nilainya tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar yaitu dengan menerapkan reward and punishment, tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui bagaimana penerapan reward and punishment untuk dapat meningkatkan kedisiplinan belajar pada kegiatan pembelajaran tematik.Rumuskan masalah yang menjadi dasar dalam penelitian yaitu Bagaimana implementasi dari pemberian reward and punishment yang dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dikelas III UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa.Metode atau penerapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan berbasis kelas dan dilakukan di dalam kelas atau dilakukan secara bertahap. Latar belakang masalah ini yaitu perilaku siswa agar disiplin dan berprestasi tidak terlepas dari bagaimana sebuah lembaga menerapkan aturan untuk memacu semangat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau classroom Action Research dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa dengan subyek Penelitian yaitu siswa kelas III Tahun ajaran 2023/ 2024 yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lembar observasi kedisiplinan siswa dan wawancara. Penelitian ini menggunakan kriteria keberhasilan model penerapan reward and punishment untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dengan standar nilai rata-rata kedisiplinan dan aktivitas siswa yaitu ≥ 80% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, hasil persentase yang dilakukan adalah hasil dari penelitian siklus I pertemuan pertama 51% pada pertemuan kedua 64%. Pada Siklus II mengalami peningkatan yaitu 77% dan pertemuan kedua yaitu 82% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan reward and punishment dapat meningkatkan kedisiplinan pada kegiatan pembelajaran tematik siswa kelas III UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Ade Suhendra S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Reward and punishment; Kedisiplinan; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:51 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11534 |
Actions (login required)
View Item |