Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis model pembelajaran flipped classroom terhadap model mental siswa kelas xi pada materi hidrolisis garam di SMAN Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Rafikah Rezky (2024) Analisis model pembelajaran flipped classroom terhadap model mental siswa kelas xi pada materi hidrolisis garam di SMAN Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020700008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa lebih banyak terfokus pada level makroskopik, sementara representasi simbolik dan sub-mikroskopik kurang diapresiasi dan dipahami. Hal ini menyebabkan model mental siswa menjadi tidak utuh, yang berdampak pada pemahaman mereka tentang konsep-konsep kimia secara keseluruhan. Kesulitan siswa dalam memvisualisasikan dan menghubungkan ketiga level representasi kimia ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang tidak optimal dan kurangnya penggunaan alat bantu visual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana model mental siswa kelas XI SMAN Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas melalui model pembelajaran flipped classroom?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA4 SMAN Ulu Barumun yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara sedangkan data analisis dengan menggunakan tehnik diskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis model pembelajaran flipped classroom terhadap model mental siswa kelas XI pada materi hidrolisis garam di SMAN Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan mengembangkan model mental ilmiah dalam materi hidrolisis garam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mencapai model mental inisial yaitu siswa memiliki pemahaman dasar, namun banyak kesalahan konsep, model mental sintesis, yaitu siswa memiliki pemahaman lebih baik, namun masih ada miskonsepsi,, dan model mental Ilmiah, yaitu siswa memiliki pemahaman yang mendalam dan akurat, serta mampu menghubungkan konsep. Faktor-faktor seperti penjelasan guru, pengalaman belajar, dan sumber belajar yang digunakan berperan penting dalam proses ini. Secara keseluruhan, flipped classroom terbukti sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mampu membentuk model mental siswa pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMAN Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd
Keywords: Flipped classroom; Model mental; Hidrolisis garam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:21
Last Modified: 21 Jan 2025 04:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item