Riani, Novita (2024) Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor di kelas V SDN 13 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor di kelas V SDN 13 Panai Hulu. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih kerap menggunakan metode ceramah dengan monoton sehingga membuat siswa kurang antusias dan merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga perlu adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Panai Hulu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, pada penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal berupa pilihan berganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 70,5, meningkat pada siklus I menjadi 76,67 dan meningkat lagi pada siklus ke II menjadi 87,83. Presentase ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal adalah 40%, meningkat pada siklus I menjadi 66,67% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%. Dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan proses pembelajaran dari setiap siklus dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor di kelas V SDN 13 Panai hulu kabupaten Labuhan batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Problem based learning; Hasil belajar; IPA; Suhu dan kalor |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11526 |
Actions (login required)
View Item |