Rifka Khairani, Rifka Khairani (2024) Implementasi kegiatan keagamaan dalam membangun karakter religius siswa di MTs N 5 Mandailing Natal Kecamatan Muara Sipongi Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
File RIFKA KHAIRANI pdf - Rifka Khairani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Zaman sekarang ini banyaknya penyimpangan dan perilaku negatif yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Persoalan tersebut muncul karena lunturnya nilai-nilai karakter bangsa. Masalah-masalah yang terjadi seperti lalainya dalam melaksanakan kewajiban terhadap Allah SWT, kurangnya adab dan sopan santun, pergaulan bebas, berbohong serta kurangnya rasa simpati terhadap sesama. Implementasi kegiatan keagamaan merupakan suatu usaha penanaman aqidah Islam kepada siswa sebagai generasi Islam, yang dimana terlihat visi dan misi di sekolah tersebut yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik yang lekat akan ajaran Agama Islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di sekolah ini terkait dengan Karakter Religius yang terkandung kegiatan keagamaan itu sendiri yaitu salah satunya untuk membentuk karakter religius dan menjadikan siswa yang unggul di bidang Imtaq dan Iptek serta berbudaya lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan. 2) Karakter religius siswa. 3) Implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs N 5 Mandailing Natal. Adapun jenis penelitian yang dilakukan tergolong dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan, instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan di MTs N 5 Mandailing Natal ialah Sholat zuhur berjama’ah, wirid yasin dan tahlilan, istighosah, pembacaan asmaul husna dan sholawatan, sholat dhuha berjama’ah, perayaan hari besar islam, kultum ramadhan dan halal bihalal. 2) Karakter religius siswa MTs N 5 Mandailing Natal sudah sesuai dengan beberapa nilai-nilai karakter religius yang diharapkan, akan tetapi masih ada sebagian siswa yang belum sesuai dengan nilai-nilai karakter religius tersebut. Nilai-nilai karakter religius yang sesuai dengan karakter religius siswa ialah taat kepada Allah SWT, ikhlas, jujur, cinta ilmu, disiplin, peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan yang belum sesuai dengan karakter religius siswa yaitu toleransi dan belum ada kegiatan keagamaan yang membangun karakter toleransi tersebut. 3) implementasi kegiatan keagamaan dalam membangun karakter religius siswa dengan menerapkan metode pembiasaan, keteladanan dan ceramah terhadap siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag,. M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Implementasi; Kegiatan Keagamaan; Karakter Religius Siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 03:09 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 03:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11518 |
Actions (login required)
View Item |