Syafrinaldi, Syafrinaldi (2024) Tujuan pendidikan akhlak dalam tafsir al-azhar. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
Syafrinaldi pdf - Syafrinaldi Naldi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kitab Tafsir al-Azhar adalah salah satu karya-karya Buya Hamka dari sekian banyak karya karyanya. Tafsir al-Azhar berasal dari ceramah atau kuliah Subuh yang disampaikan oleh Hamka di Masjid Agung al-Azhar sejak tahun 1959. Tafsir Al-Azhar dipengaruhi oleh tafsir al-Manar karya Muhammad Abduh yang merupakan tafsir yang mendunia. Tafsir Al-Azhar ditulis lengkap tiga puluh Juz mulai dari surah Al-Fatiha sampai dengan surah An-Nas. Hamka di dalam hidupnya hidup di tengah-tengah politik, begitu juga dengan penulisan tafsir al-Azhar diwarnai dengan nilai-nilai politik. Tafsir Al-Azhar menggunakan metode adabi ijtima’i yaitu menggunakan contoh yang hidup ditengah-tengah masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana gambaran tujuan pendidikan akhlak untuk memperoleh kasih sayang dalam tafsir al-Azhar, bagaimana gambaran tujuan pendidikan akhlak untuk memperoleh kebahagiaan dalam tafsir al-azhar dan bagaimana gambaran tujuan pendidikan akhlak untuk memperoleh syukur dalam tafsir al-Azhar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran terkait konsep kasih sayang dalam tafsir al-Azhar, untuk mengetahui gambaran terkait konsep kebahagiaan dalam tafsir al-Azhar dan untuk mengetahui gambaran terkait konsep syukur dalam tafsir al-Azhar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan, Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini analisis data deduktif. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa tujuan pendidikan akhlak ada tiga, yaitu pertama, pendidikan kasih sayang yaitu dengan menghindari dosa untuk mendapatkan kasih sayang, istighfar untuk mendapatkan rahmat, mendamaikan untuk mendapatkan kasih sayang. Kedua, pendidikan kebahagiaan yaitu sabar untuk memperoleh kebahagiaan, berzikir kepada Allah mendatangkan kebahagiaan, dan tobat mendatangkan kebahagiaan. Ketiga, pendidikan bersyukur yaitu puasa dan syukur, halal dan bersyukur, mengingat masa lalu dan bersyukur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Pd. dan Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A. |
Keywords: | Tujuan; Pendidikan Akhlak; Tafsir al-Azhar. |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 02:52 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 02:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11516 |
Actions (login required)
View Item |