Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola pendidikan ibadah anak di Desa Pasar Ujung Kecamatan Sosa

Hasibuan, NUrjannah (2024) Pola pendidikan ibadah anak di Desa Pasar Ujung Kecamatan Sosa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan ibadah anak dalam pembentukan karakter dan moralitas anak sejak usia dini. Anak-anak di Desa Pasar Ujung Batu masih banyak yang belum paham tentang pelaksanaan ibadah. Pendidikan ibadah anak didesa pasar ujung batu kecamatan sosa menerapkan pola pendidikan ibadah formal, nonformal dan informal. Namun, tidak sepenuhnya jalur pendidikan itu terrealisasikan seratus persen dilihat dari pengaplikasian anak-anak yang minim melaksanakan ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan secara komprehensif bagaimana pola pendidikan ibadah anak serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya di lembaga pendidikan formal, informal dan nonformal yang terjadi di Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model-model fenomenologi yaitu jenis penelitian kualitatif yang melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman pengalamannya. Fenomena yang digambarkan berdasarkan keadaan nyata dan sebenarnya sehingga akan mampu meberikan kesan yang naturalistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa presentase pendidikan ibadah yang didapatkan anak-anak dari jalur pendidikan formal, nonformal dan informal yang paling berhasil adalah jalur pendidikan dari nonformal karena selain didukung dengan teori dan praktek ibadah juga begitu didukung dengan guru yang berpengalaman dibidangnya. Dalam penelitian ini ketiga pendidikan tersebut baik itu jalur formal yang sudah terstruktur dan berjenjang, kemudian pendidikan nonformal dan pendidikan informal dari orang tua dan lingkungan faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pendidikan ibadah anak itu dari lingkungan dan kemauan anak itu sendiri, sehingga ketiganya adalah pendidikan yang masing-masing saling menguatkan dan saling melengkapi untuk kesempurnaan perkembangan seorang anak baik itu pemahaman mengenai pendidikan ibadah, dan sosialnya juga mendukung dalam menggali potensi yang ada pada diri seorang anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Syafnan Lubis, M. Pd dan Dr. Lazuardi, M.Ag
Keywords: Ibadah; Jalur Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:43
Last Modified: 19 Dec 2024 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item