Siregar, Isrowiah Santi (2024) Dampak game online terhadap kenakalan remaja di Desa Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecanggihan tekhnologi saat ini mengakibatkan hampir semua aktifitas terkait dengan internet, temasuk dalam hiburan. Game online adalah salah satu hiburan yang sangat disukai oleh remaja untuk mengurangi rasa penat dan mengurangi waktu kosong. Penggunaannya, tentu mempunyai dampak bagi penggunanya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana dampak game online ini terhadap kenakalan remaja di Desa Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara, Apa saja faktor Kenakalan Remaja yang disebabkan oleh Game Online di Desa Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah Remaja yang menggunakan Game Online berusia 12-18 tahun yang berada di Desa Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Hasil penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua yaitu: 1. Dampak positif dan negatif game online. a. Dampak positif seperti dapat mengenal teman baru, terhindar dari tindakan kriminal, mengisi waktu luang dikala sedang penat, mengurangi stress (kalau pertandingannya menang). b. Dampak Negatif seperti Dampak keuangan seperti memanjakan diri secara berlebihan, kelalaian, dan mengikuti hawa nafsu. Dampak kesehatan seperti lupa waktu tidur, pola makan tidak teratur, Dampak akademik seperti menurunnya prestasi yang telah dicapai, Dampak psikologis seperti bersosialisasi dengan teman yang ada dilingkungan menjadi renggang, tidak peduli terhadap apa yang terjadi, dan hubungan sosial. Dengan adanya game online dapat mengakibatkan dampak negatif yang dimana remaja lupa waktu untuk menyelesaikan segala pekerjaannya, bahkan lupa untuk makan dan minum karena terlalu asyik bermain game online. 2. Faktor game online yang mengakibatkan kenakalan remaja yaitu a. faktor keluarga juga dapat mempengaruhi remaja dapat menjadi kecanduan game online. Dari beberapa faktor keluarga seperti kondisi ekonomi, lingkungan keluarga, hubungan orangtua dan remaja mempengaruhi peningkatan bermain game online dan b. faktor lingkungan Lingkungan adalah faktor yang membuat remaja tersebut melakukan suatu kenakalan. dalam lingkungan tersebut banyak yang menggunakan game online tetapi kecanduan dengan menghalalkan segala cara demi untuk memainkan game tersebut maka terjadilah mencuri untuk tetap menggunakan game tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Keywords: | Dampak Game Online; Kenakalan Remaja |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:33 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11489 |
Actions (login required)
View Item |