Harnum, Dewi (2024) Program sekolah dalam membangun karakter religius pada peserta didik di SMA Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
perbaikan 2020100103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah peneliti ingin menemukan penerapan program sekolah di SMA Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, SMA Swasta Tunas Bangsa memprogramkan berbagai kegiatan keagamaan yang memberikan dampak terhadap karakter religius pada peserta didik. Penelitian ini mengkaji tentang program sekolah dalam membangun karakter religius pada peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja yang diterapkan dalam membangun karakter religius pada peserta didik di SMA Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir? dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat terhadap penerapan program sekolah dalam membangun karakter religius pada peserta didik di SMA Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir?. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara secara langsung kepada Kepala Sekolah, Guru Pembina Program Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik SMA Swasta Tunas Bangsa, serta didukung oleh data dokumentasi yang relevan terhadap masalah yang dideskripsikan. Selanjutnya, penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada beberapa program sekolah yang diterapkan diantaranya yaitu, kegiatan tahfiz, pelatihan khutbah, program tahsin, tahlil dan istgatsah, dan perayaan hari besar Islam, dengan mengikuti alur GPDCA Cycle, yaitu Goal (Tujuan), Plan (Perencanaan), Do (Pelaksanaan), Check (Evaluasi), Act (Tindak Lanjut). Faktor pendukung penerapan program sekolah di SMA Swasta Tunas Bangsa adalah faktor dukungan dari pihak sekolah yang menyediakan fasilitas, faktor motivasu dari guru dan orangtua, sedangkan faktor penghambat penerapan program sekolah adalah kurangnya waktu untuk pelaksanaan program keagamaan, faktor lingkungan yang kurang mendukung, dan faktor guru pembina tidak dalam bidangnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag. M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Program Sekolah; Karakter Religius; Peserta Didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220303 Environmental Philosophy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11487 |
Actions (login required)
View Item |