Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan instrumen tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur keterampilan berpikir siswa pada materi sistem pernapasan manusia

Sihombing, Nur Sa’adah (2024) Pengembangan instrumen tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur keterampilan berpikir siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020800005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu soal ulangan harian kelas XI IPA pada materi sistem pernapasan manusia di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibolga Plus Keterampilan kemudian soal tersebut dianalis oleh peneliti. Hasil dari analisis soal menunjukkan bahwa siswa Madrasah Aliyah Negeri Sibolga Plus Keterampilan masih menggunakan tes yang cenderung kategori Lower Order Thinking Skills (LOTS) sehingga peneliti mengangkat permasalahan tersebut yaitu pengembangan instrument Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur keterampilan berpikis siswa. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen dalam penelitian ini berupa validasi dan angket. Hasil penelitian ini para ahli memvalidasi angket dan instrumen kepada validator kemudian validator memberikan komentar dan penilaian yaitu bahwa produk instrumen tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur keterampilan berpikis siswa pada materi sistem pernapasan ini memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan rata-rata 87,25%. Hasil analisis data dari angket praktikalitas dari respon guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pinangsori oleh ibu Liza Nurlina, S.Pd mencapai presentase 100% dan hasil angket respon peserta didik dengan sampel 36 siswa mencapai dengan nilai rata-rata yaitu 93,8% dengan kategori sangat praktis. Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir siswa pada materi sistem pernapasan ini, termasuk dalam kategori yang sangat efektif. Efektifnya instrumen tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata yaitu 83,86%, dengan kategori yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Kemampuan berpikir; Metode pengembangan; Model 4D; Pengembangan instrument; Sistem pernapasan
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Dec 2024 02:06
Last Modified: 12 Dec 2024 02:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

View Item View Item