Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Keterampilan membaca al-Qur’an siswa/i di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Siregar, Fithri Su'aidah (2024) Keterampilan membaca al-Qur’an siswa/i di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa siswa di SMP 5 Padangsidimpuan masih banyak siswa/I yang masih tidak memahami dan kurang mampunya menguasai tartil serta qiraah dalam membaca Al-Qur’an dan ada juga sebagian yang bahkan ketidak mampuan dalam membaca bacaan Al-Qur’an itu sendiri. Peneliti menggunakan Mushaf Al-Qur’an Standar Usmani yang diperuntukkan bagi khalayak umum, dengan Al-Qur’an ini penulis merasa memudahkan bagi siswa/i SMP Negeri 5 memahami dan dapat menggunakan keterampilan dalam membaca Al-Qur’an karna telah terbiasa dalam membacanya.Sehingga keterampilan membaca Al-Qur’an sangatlah diperlukan karena untuk mengetahuai isi kandungan yang ada pada Al-Qur’an itu sendiri dan agar kita lebih mendalami tentang kekuasaan Allah SWT. Seperti yang kita ketahui dalam mempelajari Al-Qur’an tidaklah ada batasan usia baik anak-anak singga dewasa, bahkan yang sudah tua pun diwajibkan untuk mempelajari Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca Al-Qur’an SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan Hasil penilaian sumatif siswa dilakukan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dikategorikan 3 (baik), Sejauh ini memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran, Namun sudah bisa dibilang cukup membaik dari pada sebelumnya. Terkait pengaruh terhadap hasil keterampilan membaca Al-Qur’an siswa, hal ini menjadi tugas guru sebagai pendidik untuk mengetahui tentang bagaimana caranya kita tetap bisa memberikan pembelajaran yang bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dam Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd.
Keywords: Keterampilan; Membaca dan Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:10
Last Modified: 11 Dec 2024 09:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item View Item