Syukri, M. (2024) Analisis strategi pengembangan pada usaha pembuatan tahu di Kelurahan Sidangkal Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200234.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Usaha tahu yang berada di Kelurahan Sidangkal Kota Padangsidimpuan masih memiliki banyak kekurangan untuk mampu menguasai pangsa pasar ataupun memperluas pasar. Hal ini dikarenakan kurang berkembangnya faktor sumber daya manusia dan faktor produksi yang dipakai serta pemasaran yang tidak meluas dalam upaya mencapai tujuan dan target pendapatan perusahaan. Industri ini tergolong dalam usaha kecil, dikarenakan tidak hanya dari modal saja yang terbatas akan tetapi keuntungannya harus dibagikan oleh para pekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan pada usaha pembuatan tahu di Kelurahan Sidangkal Kota Padangsidimpuan melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan atau field research. Subjek penelitian ini adalah pemilik usaha, 4 karyawan dan 4 pelanggan usaha tahu di Desa Sidangkal dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta teknik penjamin keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengusaha tahu Sidangkal telah berhasil menerapkan konsep marketing mix dengan fokus pada produk, harga, lokasi, dan promosi. Strategi ini membantu dalam menentukan standar kualitas produk tahu, menyesuaikan harga dengan modal dan keuntungan, serta mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Pemilik usaha mengutamakan kualitas produk dengan menetapkan standar tinggi pada bahan baku, terutama kacang kedelai. Keputusan strategis terkait produk, harga, lokasi, dan promosi berdampak positif terhadap minat beli konsumen, yang tercermin dalam peningkatan volume penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Analisis; Strategi Pengembangan; Usaha Pembuatan Tahu |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 08:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11450 |
Actions (login required)
View Item |