Lubis, Iklima (2024) Perlindungan hukum terhadap nasabah pengguna layanan aplikasi mobile banking ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2010200007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Penggunaan layanan aplikasi mobile banking semakin populer di Indonesia, selain memberikan kemudahan tetapi juga memberikan risiko. Namun, keamanan dan perlindungan hukum terhadap nasabah pengguna aplikasi layanan mobile banking ini menjadi perhatian utama agar perlindungan hukum bagi nasabah terjamin, hak dan kewajiban yang jelas sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen memberikan dasar hukum yang penting untuk melindungi hak-hak konsumen, termasuk nasabah pengguna mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas bagaimana bentuk perlindungan hukum dan pertanggungjawaban yang diberikan oleh pihak bank terhadap nasabah pengguna layanan aplikasi mobile banking ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan hal-hal yang menyebabkan nasabah mengalami kerugian, agar dapat diaplikasikan untuk memastikan bahwa nasabah pengguna fitur layanan aplikasi mobile banking mendapatkan perlindungan hukum yang memadai sesuai dengan hak-hak konsumen yang dijamin oleh Undang-Undang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk memperoleh datanya melalui dokumen resmi, buku, hasil penelitian berupa laporan, makalah penelitian, artikel, berita, kamus, internet dan lainya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara sebagai sumber data penelitian, untuk memperoleh pengumpulan data dengan mendapatkan informasi dari pihak yang diwawancarai yaitu Branch Manager dan nasabah Bank Syariah Indonesia secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum ada peraturan perundang-undangan yang secara khusus, yang mengatur tentang mobile banking namun dalam tatanan hukum positif di Indonesia telah ada peraturan perundang-undangan yang dapat memberikan perlindungan hukum bagi nasabah pengguna mobile banking, yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen meskipun belum sepemuhmya terlaksana, adapun hal yang menjadi penyebab nasabah mengalami kerugian adalah kurangnya edukasi dari pihak bank tentang penggunaan aplikasi mobile banking dan kurang telitinya nasabah dalam mencari informasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Nurhotia Harahap, M.H. |
Keywords: | Perlindungan Hukum; Nasabah; Mobile Banking |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:34 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 03:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11374 |
Actions (login required)
View Item |