Rahmayuli, Cita (2024) Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode drill and practice di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
| ![[img]](http://etd.uinsyahada.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1920100160.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) | 
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui penerapan metode Drill and Practice dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai ilmu tajwid di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. 2.Untuk mengetahui penerapan metode Drill and Practice dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi.Tahun Pelajaran 2023-2024,dengan jenis penelitian yaitu ” Penelitian Tindakan Kelas” Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Siswa kelas XI IPA 3 yang beragama Islam berjumlah 22 orang siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah:1.Adanya peningkatan dalam pengetahuan siswa mengenai ilmu tajwid melalui metode drill and practice di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. 2. Adanya peningkatkan dalam kemampuan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode drill and practice di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi.Berdasarkan hipotesis yang diajukan terdapat peningkatan yang signifikan pengetahuan ilmu tajwid. kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai awal pengetahuan peserta didik mengenai ilmu tajwid dengan nilai rata-rata 56,81,persentase ketuntasan klasikal yaitu 22,72% .Naik menjadi rata-rata 75,23 dan dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 63,63% pada siklus I dan rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 86,36% pada siklus II. Sedangkan nilai awal kemampuan membaca Al-Qur’an dengan nilai rata-rata 59,45,persentase ketuntasan klasikal yaitu 32% .Naik menjadi rata-rata 77,21,persentase ketuntasan klasikal yaitu 77,27% pada siklus I dan.naik menjadi rata-rata 86,05,persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,36% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa:1) Penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi.2) Penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai ilmu tajwid di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag dan Liah Rosdiani Nasution, M.A | 
| Keywords: | Metode Drill and Practice; Meningkatkan kemampuan; Membaca Al-Qur’an | 
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja | 
| Date Deposited: | 22 Nov 2024 02:24 | 
| Last Modified: | 22 Nov 2024 07:13 | 
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11353 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        