Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesahalan dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang berdasarkan metode newman di Kelas V SD N 101205 Paran Padang

Damayanti, Adinda (2024) Analisis kesahalan dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang berdasarkan metode newman di Kelas V SD N 101205 Paran Padang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan awal yang dimana ditemukan bahwasanya masih banyak siswa kelas V SD N 101205 Paran Padang yang masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi bangun ruang. Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyekesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang tersebut yaitu dengan melakukan analisis berdasarkan Metode Newman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes terstulis, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas V dan subjek untuk wawancara 5 oarang siswa dari subjek penelitian dengan kriteria siswa yang mengalami kesalahan. Setiap subjek diwawancarai terhadap hasil pengerjaannya. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaiakn soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang adalah menggunakan metode Newman. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika materi bangun ruang yaitu pada tipe kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun faktor penyebab kesalahan membaca yakni disebabkan karena siswa kurang memahami konsep, kesalahan memahami masalah disebabkan karena siswa tidak mengetahui informasi yang ada pada soal, kesalahan transformasi disebabkan siswa tidak mampu mengubah informasi yang ada pada soal ke dalam bentuk matematika, kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa tidak mengetahui prosedur yang sesuai untuk digunakan dalam menyelesaikan soal, dan kesalahan penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa salah dalam perhitungan dan lupa menuliskan satuan matematika pada jawaban. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam menyelesaikan soal HOTS matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD N 101205 Paran Padang melakukan kesalahan pada tipe kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun faktor penyebabnya yaitu, siswa kurang memahami konsep, terburu-buru dalam mengerjakan soal, tidak mengetahui operasi hitung yang sesuai untuk digunakan dalam menyelesaikan soal dan siswa tidak menuliskan satuan matematika pada jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Analisis kesalahan; Metode newman; Soal HOTS; Bangun ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:20
Last Modified: 22 Nov 2024 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item