Risda Handayani Ritonga, Risda Handayani Ritonga (2024) Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan kubus dan balok melalui pendekatan inquiri kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
RISDA HANDAYANI RITONGA - Risda Handayani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal peneliti yang dilakukan di kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan mengalami kesulitan dalam memahami materi kubus dan balok dan soal-soal yang diberikan. Bahwa ketika dalam proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa kurang mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru pada materi kubus dan balok. Siswa kurang tertarik merespon pelajaran yang disampaikan oleh guru. Pendekatan Pembelajaran Inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari, menyelidiki sesuatu secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan kubus dan balok melalui pendekatan pembelajaran inkuiri di kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan. Penelitian Tindakan Kelas ini sangat cocok dikaitkan dengan Pendekatan Inkuiri. Penlitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan setiap siklus diadakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, angket tes, dan dokumenasi. Setiap siklus diadakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penerapan Pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok. Setiap pertemuan kemampuan kognitif siswa semakin meningkat. Selain peningkatan kemampuan kognitif siswa peneliti juga memperhatikan peningkatan penguasaan materi dan ketuntasan belajar siswa. Pada tes kemampuan awal diperoleh nilai persentase ketuntasan siswa 19,32%. Pada siklus I pertemuan I nilai persentase ketuntasan 35,48%. Pada pertemuan II, nilai persentase ketuntasan 61,29%. Selanjutnya pada siklus II peningkatat, yaitu pada pertemuan I persentase ketuntasan meningkat lagi dengan persentase ketuntasan 77,42% dan pertemuan ke II meningkat lagi dengan persentase ketuntasan 87,10%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si.,M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Pendekatan Inkuiri; Kubus dan Balok |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:47 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11346 |
Actions (login required)
View Item |