Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode team quis dan quis individu pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTs. Nurul Husna Kabupaten Asahan

Ika Hamira Safitri, Ika Hamira Safitri (2024) Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode team quis dan quis individu pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTs. Nurul Husna Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200066 - Copy - Ika Hamira Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII MTs. Nurul Husna disebabkan oleh faktor dari dalam diri siswa itu sendiri seperti minat, kurangnya motivasi dan cara pengajaran guru dengan metode ceramah yang menyebabkan siswa banyak diam dan kurang aktif. Maka peneliti menemukan alternatif tindakannya itu dengan menggunakan metode team quis dan quis individu. Pemberian quis merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar dan membuat siswa menjadi aktif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika murid dengan metode team quis dan quis individu pada materi teorema Pythagoras. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen yang berjenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan analisis data hasil dari perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII yang menggunakan tes yaitu 5 soal essay diperoleh nilai rata-rata yang menerapkan metode pembelajaran team quis lebih besar dibanding dengan nilai rata-rata siswa yang menerapkan metode quis individual, yaitu 88,2 > 83,5 dan standard deviasi juga lebih besar yang menggunakan metode team quis dibanding dengan yang menerapkan metode quis individual yaitu 5,7 > -3,01. Kesimpulan dari penilitian ini adalah pembahasan yang dilaksanakan mengenai perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode team quis dan quis individu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd.
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Metode Pembelajaran Team Quis dan Quis Individu
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:58
Last Modified: 21 Nov 2024 01:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item