Nasution, Riski Ramadhon (2024) Pemanfaatan media sosial sebagai media dakwah bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1730100022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Salah satu media sosial yaitu aplikasi Instagram merupakan media yangdimanfaatkan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk menyampaikan pesandakwah kepada khalayak umum dan sebagai akses pesan dakwah bagi mahasiswa agarmempermudah dakwah yang di terima oleh mad'u. Permasalahannya adalah dakwahmerupakan tugas bagi setiap umat muslim yang dalam menjalaninya tidaklah semudahyang di bayangkan, karena begitu banyak persoalan dan tantangan yang harus dihadapidilapangan. Oleh karena itu dakwah Islam harus fleksibel, mampu mengikuti perkembangan zaman, perkembangan umat dan budaya umat, harus dikemas dengan menarik. Ketika melihat situasi dan kondisi mahasiswa, ternyata Instagram begitu akrab dengan aktivitas keseharian mahasiswa, bahkan tak sedikit yang setiap harinya pasti membuka Instagram, dari sini da'i memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang menggunakan Instagram dan mengakses pesan dakwah di Instagram. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling, dimana peneliti memilih sampel dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa KPI yang berjumlah 33 orang,terdiri dari 19 orang yang aktif di instagram, 10 orang jarang menggunakan instagramhanya digunakan sebagai hiburan saja dan 4 orang tidak aktif di media instagram. Datayang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Mhd. Latip Kahpi, M.Kom.I |
Keywords: | Instagram; Media Dakwah; Mahasiswa KPI |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 15:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11334 |
Actions (login required)
View Item |