Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Setia Kawan

Tambunan, Insan Hamid (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Setia Kawan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2018 penurunan jumlah konsumen di Rumah Makan Setia Kawan mulai turun, terlebih di akhir tahun 2019 semakin turun lagi diakibatkan oleh Pandemi COVID 19. Hal ini menyebabkan pendapatan Rumah Makan Setia Kawan mengalami penurunan, sehingga berpengaruh terhadap keberlangsungan dari rumah makan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan setia kawan di desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Setia Kawan di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Dalam teori, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain: kualitas produk, kualitas pelayanan, emosinal, harga dan biaya. kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah menerima kinerja (hasil) produk. Kualitas pelayanan adalah suatu keadaan dinamis yang berkaitan erat dengan produk, jasa, sumber daya manusia, serta proses dan lingkungan yang setidaknya dapat memenuhi atau malah dapat melebihi kualitas pelayanan yang diharapkan. Kualitas produk adalah pemicu dasar dari minat pembeli sepanjang luasnya pasar barang dan jasa. Memberikan kualitas produk yang tinggi kepada pelanggan adalah kunci untuk memperbaiki kinerja di lingkungan yang kompetitif. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan angket dengan jumlah respoden sebanyak 69 responden yang datang di Rumah Makan Setia Kawan. Analisis yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linear, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, uji f dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Setia Kawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Kepuasan Konsumen; Kualitas pelayanan; Kualitas Produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Nov 2024 15:26
Last Modified: 19 Nov 2024 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11328

Actions (login required)

View Item View Item