Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis komparatif harga dan kualitas produk pada Skincare DRW-ERHA Kota Pandan

Pane, Afifa Nurbaiti (2024) Analisis komparatif harga dan kualitas produk pada Skincare DRW-ERHA Kota Pandan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis perbandingan harga serta kualitas produk antara dua merek kecantikan, DRW dan ERHA, di kawasan Pandan. Permasalahan utama yang dihadapi oleh konsumen adalah ketidakjelasan mengenai perbedaan kinerja dan nilai yang ditawarkan oleh kedua merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harga dan kualitas produk DRW Skincare dan ERHA Skincare di Pandan serta mengetahui adanya perbedaan antara harga dan kualitas produk antara kedua merek produk kecantikan ini. Metodologi penelitian melibatkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui survei, angket dan dokumentasi terstruktur yang melibatkan responden yang merupakan konsumen aktif atau calon konsumen produk DRW dan ERHA di Pandan. Responden terdiri dari 196 responden, dimana 100 responden untuk produk DRW Skincare dan 96 responden untuk produk ERHA Skincare. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, uji normalisasi, uji homogenitas dan uji paired sample test yang menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukan dalam uji validitas bahwa rhitung lebih besar dari rtabel maka data tersebut dikatakan valid. Untuk uji reliabilitas menunjukan bahwa cronbach's alpha > 0,60. Analisis data dilakukan dengan merinci aspek-aspek kritis dalam penetapan harga dan evaluasi kualitas produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk DRW Skincare lebih unggul dibanding produk ERHA Skincare dalam hal kualitas produknya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang preferensi konsumen, faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian, dan perbandingan harga serta kualitas produk antara DRW dan ERHA. Implikasi temuan penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengambil keputusan di bisnis kecantikan untuk meningkatkan strategi pemasaran, inovasi produk, dan pemahaman terhadap kebutuhan konsumen. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis kecantikan di Pandan dan wilayah sekitarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Zulaika Matondang, M.Si
Keywords: Harga dan Kualitas produk; DRW Skincare; ERHA Skincare
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2024 12:51
Last Modified: 18 Nov 2024 07:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item