Nasution, Reihan Nanda Hidayah (2024) Strategi komunikasi Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah Rantauprapat dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap masjid. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2030100003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dimana masjid pada saat ini hanya dipandang sebagai bangunan umum biasa dan tidak jarang yang meramaikan masjid hanyalah orang-orang tua. Pada masa Rasulullah sendiri, masjid tidak hanya menjadi tempat beribadah shalat berjamaah saja, namun juga sebagai pusat kegiatan seluruh aktivitas umat. Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah adalah salah satu kelompok dakwah yang digerakkan oleh anak muda di Rantauprapat yang memiliki banyak kegiatan religi yang salah satunya adalah kegiatan mengunjungi masjid-masjid di luar kota dan berkegiatan di masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah Rantauprapat dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap masjid.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan pada penelitian ini yaitu key person yaitu informan merupakan tokoh-tokoh kunci dalam memberikan data seperti ketua umum, sekretaris dan anggota Dakwah Istiqomah Hijrah. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dokumentasi berupa foto dan video. Teknik analisis data penelitian ini dengan klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan membuat kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah menerapkan langkah-langkah dalam menerapkan strategi komunikasi yaitu mengemas pesan yang berkaitan dengan masjid. Pada kegiatan wisata religi yang merupakan kegiatan mengunjungi masjid-masjid yang ada diluar kota, Kelompok Dakwah Istiqomah memberi materi berupa pesan seputar masjid secara dalam kepada peserta wisata religi dengan harapan tidak hanya berkunjung namun dapat memperoleh pesan mengenai masjid. Metode komunikasi yang digunakan ialah komunikasi persuasif yang berarti mempengaruhi dengan cara mengajak dan membujuk, dengan ajakan atau seruan kepada masyarakat untuk bergabung dan mengajak meramaikan masjid, selain itu komunikasi edukatif juga merupakan metode yang digunakan, yang berarti komunikasi dengan memberi suatu pengalaman yang bermanfaat dan bernilai edukasi kepada khalayak, dengan diadakannya kajian-kajian setiap minggu di masjid dan kegiatan wisata religi yang diadakan 2 tahun sekali keluar kota. Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah menerapkan penyebaran informasi mengenai kegiatan serta pesan-pesan mengenai masjid melalui sosial media yaitu whatsaap dan facebook.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A dan Mhd. Latip Kahpi, M.Kom.I |
Keywords: | Strategi komunikasi; Dakwah Istiqomah Hijrah; Rantauprapat |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 07:32 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11295 |
Actions (login required)
View Item |