Reza, Feby Silta (2024) Analisis strategi pemasaran produk UKM Mamake dalam meningkatkan penjualan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
UKM Mamake di Desa Dusun Pagar Sari, Kampung Baru, Kabupaten Labuhan Batu merupakan usaha kecil menengah yang memproduksi keripik tempe, keripik pare, keripik pisang, keripik ubi, keripik bayam, peyek, madu mongso, keripik kue bawang. UKM Mamake ini sudah di kenal oleh masyarakat Labuhan Batu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah keberlangsungan kegiatan proses pemasaran produk UKM Mamake dalam meningkatkan penjualan. UKM Mamake telah berupaya membuat strategi pemasaran dan bentuk promosi menarik yang bertujuan untuk menarik minat beli konsumen dan sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah pendapatan laba. Namun pada kenyataannya bentuk promosi yang dilakukan belum berhasil mencapai target dalam strategi pemasarannya. Proses menganalisis data yaitu menggunakan analisis SWOT yang meliputi yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Matriks SWOT meliputi matriks IFE, matriks EFE, dan matrik IE. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, subjek penelitian ini adalah orang yang terhubung dengan pembuat produk UKM Mamake dan pihak pemasaran dalam produk tersebut. teknik pengumpulan data adalah diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sementara teknik analisis datanya dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh strategi pemasaran UKM Mamake menggunakan analisis SWOT adalah Strategi S-O yaitu meningkatkan permintaan pasar, UKM Mamake harus mempertahankan produknya bagaimana caranya agar konsumen tidak berpaling dari produk, dan meningkatkan inovasi dan kreatif supaya terus bisa diminati oleh masyarakat. Strategi W-O meliputi yaitu dengan menambah jaringan pemasaran, mengoptimalkan pemasaran produk UKM Mamake, dan melakukan pelatihan dalam proses pemasaran. Strategi W-T adalah harus cepat dan tanggap akan masalah yang terjadi dan kendala yang harus diselesaikan dan UKM Mamake harus lebih meningkatkan lagi hubungan yang baik yaitu hubungan internal dan eksternal yang dapat mengunggulkan produk UKM Mamake tersebut. Strategi S-T yaitu dengan meningkatkan atau memperluas jaringan promosi atau penjualan agar mendapat respon yang baik untuk meningkatkan kualitas produk UKM Mamake, meningkatkan pelayanan yang baik dan ramah, dan mempromosikan produk lebih luas agar masyarakat lebih mengenal produk tersebut dengan jelas dan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Ella Zefriani Lisna Nasution, M.Si. |
Keywords: | Analisis SWOT; Strategi; Penjualan; Pemasaran |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 14:31 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11278 |
Actions (login required)
View Item |