Rizka, Sri (2024) Strategi pemasaran usaha Ikan Kering Tersanjung di Kota Sibolga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Tinggi rendahnya penjualan usaha ikan kering tersanjung di kota Sibolga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Untuk itu Usaha Ikan Kering Tersanjung penting sekali memperhatikan bagaimana produk yang dihasilkan kemudian strategi penetapan harga, kemudian lokasi usha yang dipilih apakah mudah diakses oleh konsumen atau pembeli serta bagaimana strategi promosi yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran home industry mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam sudut pandang peningkatan perekonomian keluarga (Studi Kasus Usaha Ikan Kering Tersanjung di kota Kota Sibolga). Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat home industry Usaha Ikan Kering Tersanjung (Studi Kasus Usaha Ikan Kering Tersanjung di kota Kota Sibolga). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang strategi pemasaran, marketing mix (Bauran Pemasaran) di dalam buku Kristianto teori-teori terkait dengan produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Adapun teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun aktivitas dalam analisis data antara lain reduksi data, klasifikasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Strategi pemasaran Usaha ikan kering yang berlokasikan di Kota Sibolga dengan menggunakan analisis SWOT adalah sebagai berikut: Strategi S-O yaitu meningkatkan permintaan pasar, pihak Usaha ikan kering harus mempertahankan produknya bagaimana caranya agar konsumen tidak berpaling dari produk, dan meningkatkan inovasi dan kreatif supaya terus bisa diminati oleh masyarakat. Strategi W-O meliputi yaitu dengan menambah jaringan pemasaran, mengoptimalkan pemasaran produk ikan kering, dan melakukan pelatihan dalam proses pemasaran. Strategi W-T adalah harus cepat dan tanggap akan masalah yang terjadi dan kendala yang harus diselesaikan dan Usaha ikan kering harus lebih meningkatkan lagi hubungan yang baik yaitu hubungan internal dan eksternal yang dapat mengunggulkan produk ikan kering tersebut. Strategi S-T yaitu dengan meningkatkan atau memperluas jaringan promosi atau penjualan agar maendapat respon yang baik untuk meningkatkan kualitas produk ikan kering meningkatkan pelayanan yang baik dan ramah, dan mempromosikan produk lebih luas agar masyarakat lebih mengenal produk tersebut dengan jelas dan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan M. Fauzan, M.E.I. |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 14:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11275 |
Actions (login required)
View Item |