Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan

Rahmadani, Desi (2024) Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini oleh anak kelompok B di RA Darul Ulum Sadabuan. Dari hasil pengamatan peneliti yang menunjukkan bahwa anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung perkembangan kognitif beberapa anak belum terlihat berkembang dengan baik. Terlihat pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung ada beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam mengurutkan angka sebab akibat tentang lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Oleh karena itu kognitif pada anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan, jika kegiatan kognitif pada anak monoton maka kognitif anak akan lambat untuk berkembang. Adanya media yang digunakan akan membantu kognitif pada anak cepat berkembang sesuai dengan usianya. Hasil observasi yang dilakukan di RA Darul Ulum Sadabuan, menunjukkan bahwa perkembangan kognitif peserta didik pada kegiatan menebalkan angka, menghubungkan benda ke angka terdapat beberapa anak yang masih kesulitan dalam kegiatan permainan ular tangga . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Sadabuan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum SadabuanPenelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian quasi experimental design. Populasinya adalah seluruh anak yang ada di kelas B RA Darul Ulum Sadabuan dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 30 anak yaitu 15 anak kelas eksperimen 15 anak kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan media permainan ular tangga dan sampel kelas kontrol diberi perlakuan khusus yaitu menebalkan angka-angka. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu T hitung > T tabel yaitu T hitung = 4,226> T tabel = 0,367 dengan dk = 22 maka Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Permainan ULar Tangga; Kemampuan Berhitung
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:27
Last Modified: 01 Nov 2024 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

View Item View Item