Riza, Elvia (2024) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media gambar pada anak usia 4-5 tahun di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920600020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah anak masih kesulitan dalam mengenal huruf abjad, anak kesulitan dalam mengenal huruf a sampai dengan huruf z, anak kesulitan membedakan antara huruf b, d, dan huruf p, anak kesulitan dalam menulis bentuk-bentuk huruf abjad. Dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pada materi tersebut sehingga anak merasa bosan dan sulit untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru. Selain kesulitan anak dalam memahami materi juga disebabkan oleh sulitnya guru dalam menentukan media yang sesuai dengan materi pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf pada anak dengan menggunakan media gambar di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan anak dalam memahami bentuk-bentuk huruf abjad a sampai z. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes. Subjek penelitian ini adalah anak di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan yang berjumlah 12 anak, yaitu 6 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mencari nilai rata-rata anak dan persentasenya serta disajikan dalam bentuk diagram batang. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak dengan menggunakan media gambar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad dan membedakan bentuk-bentuk huruf abjad a sampai dengan z sebelum dan dan sesudah dilakukan tindakan. Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak dapat dilihat dari anak yang aktif selama pembelajaran, anak mendengarkan seluruh arahan guru, penjelasan yang diberikan serta mau bertanya jika ada yang kurang dipahaminya serta hasil tes anak yang meningkat setiap pertemuannya. Pada siklus I adanya peningkatan persentase anak yang tuntas dari 33,33% atau sebanyak 4 anak menjadi 58,33% anak yang tuntas atau sebanyak 7 anak. Pada siklus II peningkatan dapat dilihat menjadi 75% atau sebanyak 9 anak yang tuntas menjadi 91,66% anak yang tuntas atau 11 anak. Dengan demikian berarti penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di Tk Kartika 1-49 Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan Mengenal Huruf; Media Gambar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 15:25 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11211 |
Actions (login required)
View Item |