Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui permaianan puzzle pada usia 5-6 tahun di R.A El-Syahra Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Batubara, Aprida Yani (2024) Upaya guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui permaianan puzzle pada usia 5-6 tahun di R.A El-Syahra Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak menjadi petunjuk adanya kecenderungan, kelemahan sekaligus kesulitan belajar, yang dalam hal ini adanya kesulitan dalam membedakan angka 6 dengan angka 9, anak kesulitan membedakan antara huruf kecil yaitu huruf b, d dan p, anak kesulitan dalam mengurutkan dari ukuran yang paling kecil hingga ukuran yang paling besar. Penelitian ini dilakukan di R.A El-Syahra Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui permainan puzzle di R.A El-Syahra Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptiv. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru dan peserta didik kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 13 peserta didik di R.A El-Syahra Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini dilakukan di R.A El-Syahra dengan sumber data adalah kepala sekolah dan guru kelas B R.A El-Syahra. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan sejawat memperpanjang keikutsertaan. Adapun teknik pengelolahan dan analisis data yaitu, redukasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitiannya menunjukkan 1). Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle di R.A El-Syahra yaitu, Persiapan belajar sebelum pembelajaran dimulai guru menyiapkan atau memilih tema jenis puzzle apa yang akan dimainkan, menjelaskan permainan puzzle guru menjelaskan cara bermain kepada anak dengan cara mencocokkan kepingan puzzle sesuai dengan papan puzzlenya dan menyesuaikan warnanya, memberi motivasi terhadap anak dalam bermain puzzle guru selalu memberi motivasi, dorongan kepada anak seperti memberi pujian-pujian kecil memberi reward bintang kecil agar anak tetap semangat ketika melakukan kegiatan bermain puzzle. 2). Perkembangan kognitif anak melalui permainan puzzle di R.A El-Syahra hasil penelitiannya menunjukkan bahwa, perkembangan kognitif dari 13 anak menggunakan media puzzle sudah berkembang sesuai harapan (BSH). Terlihat dari hasil lembar kerja anak dan hasil kegiatan pembelajaran anak menggunakan media puzzle perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di R.A El-Syahra Perumnas Pijorkoling terdapat 10 dari 13 anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH), 2 dari 13 anak berkembang sangat baik (BSB), dan 1 dari 13 anak mulai berkembang (MB)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Perkembangan Kognitif; Permainan Puzzle
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Oct 2024 15:12
Last Modified: 01 Nov 2024 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item