Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model number head together berbantu media gambar pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan

Wahyunita, Sri (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model number head together berbantu media gambar pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi gaya pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran IPA yang masih monoton dan masih terfokus kepada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan, melalui penerapan model Number Head Together berbantu media gambar dengan tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200113 Padangsidimpuan, dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Number Head Together berbantu media gambar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase ketuntasan 29,16% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase 70,83%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dengan persentase 41,66% dan jumlah yang tidak tuntas sebanyak 14 orang dengan persentase 58,33%. Siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase 70,83% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase 29,16%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang dengan persentase 87,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 12,5%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model Number Head Together. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Model number head together; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Oct 2024 08:28
Last Modified: 31 Oct 2024 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11205

Actions (login required)

View Item View Item