Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru

Pane, Anny Nadiyaturrizki (2024) Peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500259.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah orangtua yang sibuk bekerja dalam mencari nafkah, anak yang masih belum lancar dalam membaca dan menulis dikarenakan peran orangtua yang berbeda-beda. Peran orangtua sangat penting dalam proses belajar anak, orangtua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Maka, diharapkan orangtua memiliki upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak, apa saja faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan faktor orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah orangtua anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru sudah menjalankan perannya dengan baik, dapat dikatakan orangtua sudah menjalankan kewajiban mereka dalam mendidik, mengajari anak mereka dalam pembelajaran dengan beberapa kendala yang mereka hadapi terutama dalam membaca dan menulis. Peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak yaitu sebagai pendidik, motivator, dan fasilitator. Adapun faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak antara lain profesi orangtua, latar belakang pendidikan, dan tingkat ekonomi orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Peran orangtua; Kemampuan membaca; Menulis anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:34
Last Modified: 25 Oct 2024 07:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11198

Actions (login required)

View Item View Item