Aisyah, Nur (2024) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inquiry di Kelas IV SDN 271 Tombang Kaluang Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500191.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 271 Tombang Kaluang. Hal ini model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA masih menggunakan sistem mencatat, menghapal dan ceramah sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang baru yaitu model pembelajaran Inquiry. Model pembelajaran Inquiry.belum ipernah diterapkan dalam pembelajaran IPA di SDN 271 Tombang Kaluang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 271 Tombang kaluang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 271 Tombang Kaluang, Agar siswa aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) idengan model siklus yang dilakukan secara berutulang. Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 271 Tombang kaluang yang berjumlah 19 siswa dan objeknya adalah pemebelajaran ipa. Model pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar ipa yang dapat dilihat dari nilai rata- rata dan persentasi ketuntasan belajar siswa. Nilai rata- rata pada kondisi awal adalah 55,26% meningkat pada siklus I pertemuan 1 menjadi 66,15% selanjutnya siklus I Pertemuan 2 yaitu 67,89% dan meningkat lagi pada siklus ke II pertemuan 1 menjadi 74,10% selanjutnya siklus II Pertemuan 2 yaitu 84,73%. Persentase ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal adalah 20%, meningkat pada siklus I menjadi 60%, meningkat lagi pada siklus II menjadi 95%. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar klasikal sudah berhasil dicapai yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari KKM yang ditentukan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belelajar IPA; Model Pembelajaran Inquiry |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11194 |
Actions (login required)
View Item |