Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan prestasi belajar bahasa indonesi dengan menggunakan model jigsaw siswa Kelas IV SD Negeri 101880 Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Ayu Lestari (2024) Peningkatan prestasi belajar bahasa indonesi dengan menggunakan model jigsaw siswa Kelas IV SD Negeri 101880 Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks puisi di Kelas IV SDN 101880 Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Hal ini desebabkan oleh proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar yang di peroleh oleh siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya prestasi siswa dapat diterapkan model pembelajaran Jigsaw yang membuat siswa lebih merasa senang dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsawpada mata pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas IV SDN 101880 Aek Godang . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan instrumen penelitian ini menggunakan tes dan observasi. data hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV meningkat dengan menerapkan model pembelajaranJigsaw. Hal ini dapat dilihat dari Hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama 2 siklus, peneliti menyimpulkan bahwa diperoleh dari awal tes atau sebelum tindakan yang tuntas 7orang siswa dengan persentase 46,66%. sedangkan yang tidak tuntas 13Orang siswa dengan persentase 65%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas sebesar 46,66 pertemuan 2 nilai rata-rata 53,33 dan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa sebesar 60 dan pertemuan ke II nilai rata-rata 80. Penelitian ini dapat diberhentikan setelah mencapai nilai yang memuaskan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd
Keywords: Prestasi Belajar; Model Pembelajaran Jigsaw
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:58
Last Modified: 23 Oct 2024 03:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item