Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model project based learning dalam upaya meningkatkan kreativitas pembelajaran matematika materi bilangan bulat di Kelas IV SDN 045 Malintang Kabupaten Mandailing Natal

Nadiah, Nadiah (2024) Penerapan model project based learning dalam upaya meningkatkan kreativitas pembelajaran matematika materi bilangan bulat di Kelas IV SDN 045 Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pada masalah ini adalah kreativitas siswa masih rendah dalam proses pembelajaran matematika, hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, model pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa yang mengerti saja yang aktif. sedangkan yang tidak mengerti tetap pasif. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas IV SDN 045 Malintang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat melalui penerapan model Project Based Learning di kelas IV SDN 045 Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus dimana setiap siklus yang dilaksanakan memiliki empat tahapan dimulai dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan serat refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 045 Malintang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan kreativitas siswa 20% (3 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 59. Siklus I pertemuan II persentase ketuntasan kreativitas siswa 46,66% (7 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata 66. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan kreativitas siswa 73,33% (11 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata 74. Siklus II pertemuan II presentase kreativitas siswa 86,66% (13 dari 15 siswa) dengan rata-rata 82. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat di kelas IV SDN 045 Malintang Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning; Kreativitas; Pembelajaran Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:32
Last Modified: 23 Oct 2024 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item