Pohan, Sulistina (2024) Peran guru dalam mengembangkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi di Kelas I SD Swasta No 100910 IT Faza Azkia Jalan Nurdin Lubis Kelurahan Hutaraja Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang berkomunikasi dengan berbahasa daerah dikarenakan pada masa pertumbuhan anak pada daerah tersebut belum terbiasa menggunakan bahasa indonesia, kemudian nasih banyak peserta didik yang kurang lancar membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan keterampilan bahasa siswa di kelas I melalui kegiatan literasi dan untuk mengetahui kegiatan literasi dapat mengembangkan keterampilan bahasa siswa di kelas I SD Swasta No 100910 IT Faza Azkia Jalan Nurdin Lubis Kelurahan Hutaraja Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Swasta No 100910 IT Faza Azkia. Sedangkan objek penelitiannya adalah peran guru dalam mengembangkan keterampilan bahasa siswa melalui kegiatan literasi di kelas I SD Swasta No 100910 IT Faza Azkia. Sumber data primer terdiri dari siswa kelas I dan wali kelas I, sedangkan sumber data sekunder terdiri dari kepala sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan wali kelas I bahwa keterampilan bahasa siswa sudah sangat berkembang dengan literasi yang sudah diterapkan di sekolah salah satunya untuk kegiatan literasi membaca terdapat pojok baca di dalam kelas dan kegiatan membaca buku 10 menit sebelum belajar kemudian terdapat perpustakaan yang dikunjungi setiap kelas sekali dalam sepekan, kegiatan literasi menulis salah satunya ada kegiatan handwriting yaitu kegiatan menulis dengan memperhatikan posisi duduk yang benar dan penggunaan pensil yang benar, selanjutnya kegiatan literasi berbicara adalah kegiatan saat salah satu peserta didik ditunjuk kedepan untuk membacakan buku cerita, ataupun hasil tulisannya dan yang terakhir kegiatan literasi menyimak yaitu ketika salah satu peserta didik ditunjuk kedepan untuk membaca maka tugas peserta didiknya adalah menyimak bacaannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Peran Guru; Keterampilan Bahasa; Literasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:25 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11187 |
Actions (login required)
View Item |