Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 392 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal

Sari, Nurhalida (2024) Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 392 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) disebabkan karena proses pembelajaran kurang efektif dan model yang digunakan oleh guru kelas masih menggunakan model konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh guru, sehingga memerlukan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas dengan salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA Kelas IV SD Negeri 392 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah butir soal berupa pilihan ganda dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriftif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan nilai rata-rata kelas 61,5 dan persentase 30%. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dengan nilai rata-rata 65,7 dan persentase 40%. Kemudian siklus I pertemuan ke II peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan nilai rata-rata 69 dan persentase 60%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 72,7 yaitu 15 siswa yang tuntas dengan persentase75 %. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 81,2 dengan siswa yang tuntas 17 dengan persentase 85%. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi 85% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar IPA; Model Pembelajaran Snowball Throwing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:54
Last Modified: 21 Oct 2024 09:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item View Item