Batubara, Dedi Gunawan (2024) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode role playing dalam pemebelajaran Bahasa Indonesia pada murid Kelas V SDN 100809 Pancur Batu Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 100809 Pancur Batu, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan yang belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan siswa yang kurang berani dan kurang percaya diri terhadap dirinya, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari siswa cenderung pasif, siswa malu bertanya, siswa lebih banyak diam dan ragu-ragu. Sehingga perlu dilakukan perubahan dengan menggunakan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). penelitian ini dilaksanakan di SDN 100809 Pancur Batu yang berjumlah 18 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah observasi dan melakukan tes drama. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil observasi pra-siklus persentase ketuntasan sebesar 28% dengan nilai rata-rata kelas 50,2, kemudian meningkat pada siklus I pada pertemuan I persentase ketuntasan sebesar 44% dengan nilai rata-rata 58,6 dan pertemuan II persentase ketuntasan sebesar 56% dengan nilai rata- rata siswasebesar 64,7. Pada siklus I telah terjadi peningkatan dengan menggunakan metode Role Playing. Kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan I persentase meningkat menjadi persentase ketuntasan sebesar 72% dengan nilai rata-rata 74,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II persentase ketuntasan sebesar 83% dengan nilai rata-rata 80,3. Dengan demikian keterampilan berbicara siswa yang dinilai oleh bebrapa indikator yang telah ditentukan peneliti, dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan keteampilan berbicara siswa dengan mengunakan metode Role Playing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Penelitian Tindakan Kelas (Ptk); Role Playing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 15:38 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 09:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11181 |
Actions (login required)
View Item |