Siregar, Anna Tiana Deli (2024) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa melalui model pembelajaran TTW (Think Talk Write) di Kelas V MIN 5 Padang Lawas Utara Kecamatan Padang Bolak Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V MIN 5 Padang Lawas Utara yang disebabkan oleh proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang belum efektif seperti guru belum menggunakan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) sehingga siswa tidak tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model TTW (Think Talk Write) dapat atau tidak meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MIN 5 Padang Lawas Utara Kecamatan Padang Bolak Tenggara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode Kurt Lewin yang memiliki langkah-langkah seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 5 Padang Lawas Utara Kecamatan Padang Bolak Tenggara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kinerja dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal dan jumlah siswa yang tuntas memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan klasikal mencapai 25% dengan siswa yang tuntas 4 siswa, mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan ke 1 persentase ketuntasan klasikal 28% dengan siswa yang tuntas 4, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan ke 2 persentase ketuntasan klasikal 42% dengan siswa yang tuntas , mengalami peningkatan lagi pada siklus II pertemuan ke 1 persentase ketuntasan klasikal 42% dengan siswa yang tuntas 6 siswa, dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan ke 2 persentase ketuntasan klasikal 57% dengan siswa yang tuntas siswa 8. mengalami peningkatan lagi pada siklus III pertemuan ke 1 persentase ketuntasan klasikal 78% dengan siswa yang tuntas 11 siswa, dan meningkat lagi pada siklus 2 pertemuan ke 2 persentase ketuntasan klasikal 85% dengan siswa yang tuntas siswa 12
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Keterampilan Menulis; Model TTW (Think Talk Write) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190303 Technical Writing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 15:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 09:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11177 |
Actions (login required)
View Item |