Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran planted question pada tema 6 cita-citaku di kelas IV SD Negeri No 0605 Simanuldang Kabupaten Padang Lawas

Parapat, Hesti Rondana (2024) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran planted question pada tema 6 cita-citaku di kelas IV SD Negeri No 0605 Simanuldang Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada tena 6 cita-citaku sub tema 1 aku dan cita-citaku kels IV SDN Simanuldang T.A 2023-2024 merupakan latar belakang dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Planted Question pada Tema 6 cita-citaku di kelas 4 SD Negeri 06 05 simanuldang. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri no 06 05 T.A 2023/2024 yang berjumlah 18 orang terdiri dari 9 siswa perempuan 9 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada pree-testhasil belajar siswa masih rendah, yaitu diperoleh nilai rata-rata 55,5%, siswa yang tuntas dalam pree-test sebanyak 6 orang siswa dengan presentase klasikal 33,3% sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar sebanyak 12 orang dengan presentasi 66,7%. 2) Pada siklus 1 setelah menggunakan metode Planted Question diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 69,4%, siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 50% sedangkan siswa yang tidak lulus dalam belajar sebanyak 9 orang siswa dengan presentase 50%. 3) Pada siklus II setelah melakukan perbaikan pembelajaran dengan metode Planted Question diperoleh peningkatan nilai rata-rata klasikal menjadi 83,6%, siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dengan presentase 88,8%, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 11,2%. Hasil pada penelitian ini diperoleh bahwa menggunakan metode Planted Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 6 Cita-Citaku tema 1 Aku dan Cita-Citaku dan subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku pembelajaran 1 dengan hasil akhir bahwasanya hasil belajar siswa meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Meningkatkan; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran Plantet Question
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:06
Last Modified: 17 Oct 2024 09:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item