Haris, Abdul (2024) Peningkatan keterampilan berbicara dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran pada siswa Kelas IV SD N 100613 Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya keterampilan berbicara siswa serta kurang variasi metode pembelajaran yang diterapkan sehingga menjadi faktor kurangnya siswa dalam berbicara. Di samping itu, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga siswa tidak berperan atau ambil alih dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi kurangnya keterampilan berbicara siswa, dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik bermain peran di kelas IV SD N 100613 Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran siswa dikelas IV SD N 100613 Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan bermain peran yang berupaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 100613 Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola. Hasil penelitian terbukti adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran. Pada pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase 36%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 14 siswa dengan persentase 56%. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 17 siswa dengan persentase sebesar 66%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 76% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 22 siswa dengan persentase sebesar 86%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Model Bermain Peran; Keterampilan Berbicara; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 08:45 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11161 |
Actions (login required)
View Item |