Daulay, Sartia (2024) Pemanfaatan media barang bekas dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar PJOK di Kelas III SD Negeri 0205 Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK dan kurangnya minat belajar siswa yang dikarenakan kurangnya penggunaan media belajar yang sesuai materi, dan merasa bosan dengan media yang diperaktekkan selalu itu-itu saja, sehingga memerlukan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas maupun dilapangan, salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media atau bahan ajar yang sesuai dengan materi yang dipelajari pada pembelajaran PJOK.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar PJOK di kelas III SD Negeri 0205 Binanga, dan apakah media barang bekas dapat meningkatkan minat belajar PJOK di kelas III SD Negeri 0205 Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas, setelah memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan minat belajar PJOK siswa kelas III menggunakan media barang bekas sebagai media pembelajaran.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0205 Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PJOK materi kombinasi gerak dasar lokomotor mengalami peningkatan disetiap siklusnya pada kondisi awal nilai rata-rata siswa keseluruhan ialah 61,30 (27,7%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 64,34 (30,4%) menjadi 69,13 (47,8%), pada siklus II dari 75,65 (56,53%) menjadi 82,60 (86,95%). Dengan persentase ketuntasan 80,53% dan minat belajar PJOK yang meningkat dengan kondisi awal 30% meningkat setelah dilakukannya tindakan menjadi 80%. Dapat dilihat juga dari kondisi kelas yang pasif menjadi kelas yang aktif dan bersemangat dalam belajar maka hasil nilai pada penelitian ini sudah mencapai indikator maka dapat dihentikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
Keywords: | Hasil Belajar; Minat Belajar; Media Barang Bekas; PJOK |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 08:14 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 09:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11158 |
Actions (login required)
View Item |