Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media animasi untuk meningkatkan hafalan asmaul husna peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Padangsidimpuan

Gibon, Yunita (2024) Pengembangan media animasi untuk meningkatkan hafalan asmaul husna peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep peserta didik pada materi hafalan Asmaulhusna. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik merasa jenuh, tidak menyukai mata pelajaran yang sulit, mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang imajinasi peserta didik yaitu berupa media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan manfaat media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Asmaul Husna. Adapun metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan dengan subjek uji coba produk dikelas II -D yang berjumlah 26 Peserta Didik Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan Dokumentasi serta menggunakan teknik analisis validitas, dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi oleh validator ahli materi dan media sebagai berikut: (1) Kualitas media yang dikembangkan ahli media 94% dan ahli materi 93,1%. (2) Hasil respon peserta didik melalui soal pretest dan posttest, mendapatkan hasil persentase 87,8%. Dalam hal itu dinyatakan layak dan sangat baik untuk digunakan dalam pemebelajaran Asmaul Husna (3) Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi bermanfaat bagi peserta didik serta telah layak digunakan sebagai media pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi Asmaul Husna. Sehingga media pembelajaran video animasi dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Media pembelajaran; Video animasi; Asmaul Husna
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:45
Last Modified: 16 Oct 2024 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item