Harahap, Norlan Cahaya (2024) Pengembangan instrumen asesmen berbasis HOTS kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2250100031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah, dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis dilakukan untuk memahami kebutuhan asesmen yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa. Tahap desain melibatkan pengembangan instrumen asesmen berbasis HOTS yang mencakup berbagai bentuk soal untuk mengukur pemahaman konseptual dan kemampuan analitis siswa. Selanjutnya, tahap pengembangan melibatkan penyusunan, pengujian, dan penyempurnaan instrumen asesmen. Implementasi dilakukan melalui uji coba instrumen pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah terhadap validitas dan praktikalitas instrumen asesmen berdasarkan tanggapan dari guru dan siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi guru dalam merancang dan menggunakan instrumen asesmen yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas kevalidan instrumen asesmen berbasis HOTS kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran Sejarah kebudyaan Islam di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah memperoleh hasil dengan kriteria sangat valid, penilaian kualitas menunjukkan bahwa instrumen asesmen berbasis HOTS kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran Sejarah kebudyaan Islam di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah memiliki validitas yang sangat valid. Praktikalisasi instrumen asesmen berbasis HOTS kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran Sejarah kebudyaan Islam di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah dilihat dari presentasi rata-rata respon peserta didik sebesar 83% dan guru Sejarah Kebudayaan Islam yaitu sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Artinya, instrumen asesmen berbasis HOTS kompetensi pengetahuan yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Lelya Hilda, M.Si |
Keywords: | Instrumen asesmen; HOTS; Komptenesi pengetahuan; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11137 |
Actions (login required)
View Item |