Dalimunthe, Nurhayati (2024) Pengembangan media pembelajaran pocket book berbasis pendekatan matematika realistik pada materi trigonometri Kelas X di MAS Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran pocket book berbasis pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi trigonometri untuk meningkatkan tigkat pemahaman sisawa dan untuk menarik minat belajar siswa dengan mengembangkan media pembelajaran pocket book dengan gambar- gambar yang berwarna. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu untuk mengukur validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran pocket book.Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yaitu: analysis (analisis), design (desain), Develovment (pengembangan), Implementation (implementasi) and Evaluation (Evaluasi) . Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAS Pondok Pesantren Baharuddin yang berjumlah 15 siswa. Jenis data pada penelitian kali ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar penilaian pocket book oleh dosen ahli, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes kemampuan pemahaman matematis siswa berupa pretest dan postest. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, angket, serta menggunakan teknik analisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media sudah di validasi. Hasil validasi dari Ahli materi sebesar 77,5%, hasil dari validasi ahli bahasa sebesar 80%, dan dari validasi ahli media sebesar 84%. Sehingga hasil dari keseluruhan memperoleh presentase sebesar 80,5% dengan kategori Valid. Berdasarkah hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pocket book berbasis pendekatan matematika realistik ini dikatakan sudah praktis dibuktikan dengan hasil angket respon guru mempreroleh nilai presentase sebesar 75% dengan kategori praktis, dan dari hasil angket respon peserta didik diperoleh hasil presentase sebesar 86% sehingga hasil presentase keseluruhan diperoleh sebesar 80,5 dengan kategori praktis. Selanjutnya Keefektifan media ini dilihat dari nilai pretest dan posttest. Dengan hasil nilai rata-rata pretest sebesar 45% dengan kategori cukup efektif, dan hasil presentase rata-rrata dari posttest sebesar 76% dengan kategori efektif. Sehinggan diperoleh nilai N-Gain score sebesar 56%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | Pocket Book; Pendekatan matematika Realistik; Trigonometri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:14 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11123 |
Actions (login required)
View Item |