Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan modul berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pythagoras untuk siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Lubis, Fanni Mahlinda (2024) Pengembangan modul berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pythagoras untuk siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika serta penjelasan tentang materinya sangat monoton. Sehingga hal ini mengakibatkan adanya rasa jenuh ataupun bosan dan berujung pada kurangnya pemahaman konsep siswa tentang materi teorema pythagoras. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka media pembelajaran berupa modul yang dapat menarik minat atau perhatian peserta didik sehingga tidak mudah jenuh serta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi teorema pythagoras. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas, praktikalitas, serta efektivitas pengembangan modul berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Pythagoras untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas serta efektivitas pengembangan modul berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Pythagoras untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan dengan subjek uji coba produk di kelas VIII-1 berjumlah 35 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan observasi serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu untuk ahli materi sebesar 76%, ahli media sebesar 74% dan ahli bahasa sebesar 76%, sehingga hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 76% dengan kategori valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Modul; Pemecahan Masalah; Pythagoras
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:08
Last Modified: 15 Oct 2024 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item