Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan hasil belajar siswa kelas viii lulusan madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar dengan metode problem solving pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP 2 Satu Atap Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Meliana Futri Arjuna (2024) Perbedaan hasil belajar siswa kelas viii lulusan madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar dengan metode problem solving pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP 2 Satu Atap Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100313.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang di lakukan di SMP 2 Satu Atap Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara terdapat perbedaan pelaksanaan proses pembelajaran PAI antara siswa lulusan SD dan MI memiliki perbedaan. Oleh karena itu perlu dikembangkan metode pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan siswa. Metode pembelajaran PAI yanag dapat mengaktifkan siswa salah satunya adalah metode problem solving. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa lulusan madrasah ibtidaiyah dengan sekolah dasar di SMP 2 Satu Atap Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metodel problem solving. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabailitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, himigenitas, kersamaan rata-rata dan perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis signifikansi (Sig-tailed) = 0,164. Sesuai dengan dasar pengambilan dari uji Independen Sampel T tes , bahwa nilai (Sig-tailed) > 0,05 yaitu 0,164 > 0,05 dan uji t persamaan rata-rata nilai thitung yaitu -1,437 dan nilai ttabel yaitu 1,703 oleh karenanya nilai thitung = -1,437 < ttabel = 1,703 maka dapat disimpulkan H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa di SMP 2 Satu Atap Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag, M.Pd
Keywords: Metode Pembelajaran; Problem Solving; Hasil Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:50
Last Modified: 14 Oct 2024 04:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item