Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Daulay, Latipa Hannum (2024) Problematika guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100298.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa berpenampilan tidak sesuai dengan aturan kedisiplinan sekolah, banyak siswa yang tidak mengikuti tata aturan/ketidakdisiplinan sekolah seperti, laki-laki tidak memasukkan baju, tidak memakai peci, dan murid perempuan sering tidak memakai bis jilbab dan mengikat jilbab di atas dada. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa saja problematika guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas dan bagaimana cara guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas, dan untuk mengetahui cara guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh dari guru Akidah Akhlak, dan siswa. Data kualitatif dianalisis melalui mengorganisasikan data, menelah, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini macam-macam problematika guru Akidah Akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Padang Lawas yaitu: Problem Internal seperti menguasai bahan/materi, mencintai profesi keguruan, keterampilan mengajar, dan menilai hasil belajar. Problem Eksternal seperti problematika guru dalam pengelolaan kelas, problematika guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Dan cara guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa tersebut dapat dilakukan dengan keteladanan, nasehat, pembiasaan, hadiah dan hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I. dan Nursri Hayati, M.A.
Keywords: Problematika; Guru; Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:34
Last Modified: 14 Oct 2024 04:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item